Rabu, 19 Juli 2017

Kota Lama Semarang : Gereja Blenduk

Sedikit cerita bersambung pengalaman liburan ke Semarang, Jawa Tengah Desember 2015 lalu. Terakhir berkunjung ke kota atlas ini sekitar 8 tahun lalu dan itu pun cuma numpang lewat hehehe…. kota kelahiran sang bunda tercinta ini memang mempunyai daya tarik sendiri. Adem, Ayem , Tentrem itulah 3 kata terbesit seketika begitu menginjakkan kaki dari bandara Ahmad Yani.
Kota Lama Semarang merupakan tujuan utama saya selain tempat wisata lainnya di kota Semarang selama 4 hari liburan di kota ini. Sudah lama saya pribadi ingin ke kota lama Semarang, arsitektur bangunan kuno peninggalan Belanda yang mempesona membuat tangan gatel untuk cekrak-cekrek mengabadikan bangunan-bangunan tersebut.
Ada satu ikon dari beberapa gedung kuno disini yaitu Gereja Blenduk. Gedung ini merupakan Gereja GPIB Immanuel dimana gereja kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh masyarakat Belanda tahun 1753

Kenapa disebut Gereja Blenduk???
Blenduk dinamakan oleh masyarakat setempat pada jaman dulu, Blenduk dalam bahasa jawa berarti kubah. Kubah gereja heksagonal yang besar ini konon dilapisi perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok. Arsitektur di dalamnya dibuat berdasarkan salib Yunani. Gereja peninggalan kolonial Belanda ini sampai sekarang masih aktif dipergunakan untuk ibadah setiap Minggu.
Satu foto diatas berhasil saya dokumentasikan ala fotografer ecek-ecek hehehe ,,, Sayang saya tidak berani masuk ke dalam karena suatu hal dan terbatasnya waktu apalagi si kecil Radhika (anak saya) sudah rewel kecapekan minta pulang. Mungkin next time saya harus kesini sendirian kali ya supaya bisa puas cekrak-cekrek hihihi…

4 komentar:

  1. Kalau ada foto dalam gereja blenduknya lebih mantab ya Mas....

    BalasHapus
  2. Pertamax comment dimari... 😅😅😅

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus