Selasa, 29 Agustus 2017

Melalui Bazaar Syari’ah, Khazanah Plaza Berusaha Bangkitkan Ekonomi Kota Batam

Sejak awal April 2015 Khazanah plaza yang berlokasi di Sukajadi  konsisten menghadirkan market place bernuansa Islami dan kuliner halal turut berperan andil dalam perekonomian di kota Batam. Meski pertumbuhan ekonomi secara nasional melemah, dan perekonomian Batam yang cenderung lambat naik beberapa perusahaan asing khususnya shipyard yang sudah beranjak dari kota industri ini berimbas pada banyaknya pengangguran dan turunnya daya beli masyarakat. Tak bisa dipungkiri perekonomian Batam pun ikut lesu.

“Badai Pasti Berlalu”
Layaknya sebuah judul novel karya Marga T yang pernah terbit di tahun 70an, Khazanah Plaza berusaha mengajak para pelaku usaha di kota Batam untuk bangkit dari keterpurukan melalui Bazaar Syari’ah. Melalui Bazaar Syari’ah, diharapkan dapat menggairahkan roda ekonomi kota Batam.

Kenapa Bazaar Syari’ah ??
Untuk saat ini Khazanah Plaza merupakan satu-satunya tempat berbelanja berkonsep Islami dan Syari’ah di kota Batam, melalui GM Khazanah Plaza Bapak Muhammad Fajri Nasution ingin memupuk kembali roda ekonomi yang sesuai ajaran Islam yaitu Syari’ah dan juga mengenalkan bagaimana sistem ekonomi Syari’ah digunakan dalam proses perniagaan kemasyarakatan dalam hal ini jual-beli.

Bapak Muhammad Fajri Nasution - Foto by menixnews.com


Sistem syari’ah yang coba diterapkan pada Bazaar Syari’ah yang rencananya akan diselenggarakan 1 Oktober 2017 contohnya adalah sistim bagi hasil. Pihak pengelola hanya menetapkan sistim bagi hasil sebesar 10% dari omset penjualan peserta Bazaar Syari’ah kepada pihak pengelola (Khazanah Plaza).

Jadi apapun hasil jualan peserta Bazaar Syari’ah seperti fashion, kuliner, kerajinan dan lainnya yang masih dalam konteks halal secara Islam, maka peserta menyisihkan 10% dari hasil penjualan atau omset ke pihak pengelola.

Selain itu Pak Fajri juga menjelaskan tentang makna Khazanah dan Trust-ability sebagai landasan peserta Bazaar Syari’ah. Peserta diharapkan memupuk nilai Khazanah yaitu bermakna nilai-nilai kebaikan, jadi sambil berniaga peserta juga diharapkan dapat menebar kebaikan kepada calon pembeli, sesama peserta dan pengelola. Kemudian juga ada trust-ability alias kepercayaan akan kejujuran masing-masing pihak baik itu pengelola, peserta Bazaar Syari’ah untuk memegang teguh sistem ekonomi Syari’ah, kehalalan produk, dan kejujuran dalam bertransaksi.


Tertarik Jadi Peserta Bazaar Syari’ah ??? Berikut Keuntungan yang didapat :

Bazaar Syaria’ah ini rencana akan digelar dipelataran parkir depan Khazanah Plaza (outdoor) dan area dalam Khazanah Plaza (tempat terbatas) mulai dari 29 September 2017 kedepan lamanya waktu belum dibatasi, bisa sebulan, dua bulan atau bahkan lebih.

Gratis Sewa Tempat, dengan biaya pendaftaran hanya Rp 300 ribu pihak pengelola menyediakan tenda berukuran standar 5x5 meter untuk pelaku bisnis menjajakan dagangannya selama kegiatan bazaar yang akan berlangsung sore hingga malam hari.

Gratis Biaya Listrik, pihak pengelola tidak mengenakan tarif listrik selama operasional peserta namun disarankan untuk bijak dalam pemakaiannya.

Gratis Biaya Kebersihan, begitu juga dengan sampah pengelolal tidak memungut biaya kebersihan namun diharapkan peserta dapat menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya selama Bazaar Syari’ah berlangsung.

Award Best Booth, Pihak pengelola mengadakan penghargaan kepada peserta Bazaar Syari’ah dengan kategori paling kreatif, bersih, dan nilai transaksi tertinggi.
Gimana berminat ???? Oia,,, Bazaar Syari’ah ini tidak hanya berlaku untuk umat muslim tapi juga umum asalkan mengikuti dan menerapkan pola berekonomi Syari’ah



Informasi dan pendaftaran :
Ibu Neneng - HP 082172798300
Pak Suprihatma - HP 082285852328


0 comments:

Posting Komentar