Kamis, 04 Januari 2018

Sego Pecel Gambringan khas Purwodadi Uenak Rasane....

Pagi gaesss... Kali ini ngomongin kuliner yukk !!!!

Pagi ini (05/01) setelah pulang dari pasar antar istri belanja mingguan, perut terasa kosong. Inisiatif datang untuk ajak sarapan pagi dan istri menyetujui, cari menu sarapan di sepanjang jalan Anjasmoro dan nyobain sego pecel Gambringan.

Opo iku gambringan??? Bagi kebanyakan orang lebih banyak mengenal sego pecel Madiun. Nah Gambringan itu nama dari stasiun kereta di Grobokan Jawa Tengah. Konon katanya sejak tahun 70an para pedagang pecel ramai disini, menjajakan pecel bagi penumpang kereta dan disekitar stasiun. Akhirnya nasi pecel ato sego pecel Gambringan jadi populer.

Sebenarnya komposisi SPG (Sego Pecel Gambringan) hampir sama dengan sego pecel kebanyakan. Yaitu sayuran berupa daunan ubi dan sambal kacang yang lembut dan buanyak. Yang membedakan atau khas yaitu adanya bunga turi dan daun pepaya. Namun itu tidak ada dan  digantikan oleh taburan petai cina.

Dari rasa memang hampir sama saja dengan sego pecel kebanyakan tapi jika diperhatikan lebih dalam, bumbu kacangnya lebih kental, lembut dan cenderung manis dibanding pecel madiun. Dipadukan kres kresnya taburan petai cina menjadikan sensasi unik makan pecel. Apalagi disajikan diatas daun pisang. Hmmmm.....



Nah seporsi menu sarapan Sego Pecel Gambringan ini tergolong murah hanya Rp 7500 saja dan itu sudah termasuk peyek. Warung pinggir jalan ini biasanya ramai dibeli pelanggannya yang rata-rata pekerja yang hendak berangkat ke kantornya.



1 komentar: